32 C
Jakarta
Monday, November 28, 2022
spot_img

Widya Robotics, Efektif dan Efisien Ukur Muatan Truk

Widya Robotics, perusahaan artificial intelligence, automations dan robotics asal Yogyakarta menciptakan Widya Load Scanner Portable dengan teknologi LiDAR. Solusi untuk resiko akurasi pengukuran yang kurang tepat, waktu pengukuran yang lama dan keamanan pada proses pengukurannya.

Dikembangkan dari versi sebelumnya, Widya Load Scanner Portable alat pengukur volumetrik muatan truk yang dapat dengan mudah dipindahkan dari suatu tempat ke tempat lain dalam waktu singkat.

VP Technology Widya Robotics Tri Yunianta mengatakan, menyampaikan, Widya Load Scanner Portable memiliki proses pengukuran lebih cepat dan praktis daripada perhitungan konvensional karena bersifat real time dan tingkat akurasi pengukurannya mencapai 98.5% pada pengukuran muatan dengan permukaan volume material yang datar.

“Hal ini berpengaruh juga pada harga yang ditawarkan untuk 1 unit Widya Load Scanner Portable yang lebih murah hingga 50% daripada produk sejenis buatan luar negeri,” kata Tri Yunianta melalui keterangan tertulis yang diterima Konstruksi Media, Jumat (7/10/2022).

Dalam hal kecepatan, kata dia, Widya Load Scanner mampu menghitung volume material muatan truk hanya dalam waktu 1 menit saja (untuk satu kali pengukuran). Kecepatan dan ketepatan produk ini membuat proses penghitungan muatan menjadi lebih efisien.

Ia mengatakan, teknologi canggih ini juga memiliki dashboard yang dapat memvisualisasikan hasil scanning muatan truk dan bisa dipantau secara real-time untuk mencegah terjadinya kecurangan atau manipulasi saat proses pengukuran.

Terkait kehandalannya sudah tidak perlu diragukan lagi, Widya Load Scanner sejak akhir tahun 2021 sudah diuji dan siap untuk diproduksi secara massal. Bahkan alat ini sudah pernah digunakan di perusahaan BUMN pada proyek konstruksi di Purwakarta, Cirebon, Balongan, Makassar dan Sumatera.

“Untuk di pasar luar negeri, Widya Load Scanner juga sudah digunakan oleh perusahaan di Yangon, Myanmar,” ucapnya.

Widya Load Scanner Efektif dan Efisien Ukur Muatan Truk. Foto: Dokumentasi Widya Robotics
Menurut dia, teknologi ini banyak diperlukan di perusahaan pertambangan, konstruksi, pasir, beras dan lainnya. Saat ini Widya Load Scanner versi Portable juga sudah selesai dikembangkan dan siap berkontribusi pada pembangunan di Indonesia.

Selain menyasar pasar dalam negeri, saat ini Widya Robotics menyasar pasar Asia dan harapannya terus berekspansi hingga ke Benua Eropa dengan kualitas yang tidak kalah baik.

“Widya Load Scanner Portable siap diproduksi massal pada tahun 2022. Widya Load Scanner Portable ini diproduksi untuk menyasar proyek konstruksi yang mobile seperti proyek jalan tol karena semua komponennya ditempatkan pada bidang beroda sehingga bisa dipindahkan dengan mudah,” jelas Tri Yunianta.

Ia mengatakan, Widya Robotics akan selalu berinovasi agar produknya bisa menyesuaikan situasi dan kebutuhan client. Baik lokasi tambang maupun lokasi proyek konstruksi yang berpindah, Widya Load Scanner Portable tetap bisa menjadi solusi untuk mengukur volume material muatan truk menjadi lebih mudah. Teknologi ini pada dasarnya memang dirancang sedemikian rupa agar praktis, akurat, fleksibel, dan efektif saat digunakan.

Widya Robotics berharap besar agar para pelaku industri khususnya di sektor konstruksi dan pertambangan bisa teredukasi tentang teknologi Widya Load Scanner sehingga industri tanah air kita tidak tertinggal dengan industri maju dari negara lain.

Tak hanya itu, untuk industri sektor yang lain seperti pertanian, peternakan, dan manufaktur juga bisa meningkatkan efisiensinya melalui teknologi-teknologi lain yang telah dikembangkan oleh Widya Robotics.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,583FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles