28.9 C
Jakarta
Sunday, October 2, 2022
spot_img

Tips Mencegah Kertas Pada Arsip Menguning

Kertas putih jika dibiarkan lama banyak yang pada akhirnya akan berubah warna menjadi menguning. Tidak hanya terjadi pada buku saja, tetapi juga kertas lain seperti pada arsip. Ketika kertas sudah menguning, tentu akan membuatnya terlihat tidak lagi bersih dan bahkan mungkin memengaruhi kualitas tulisan dalam arsip. Untuk mencegah hal ini, banyak yang menyerahkan penyimpanan boks arsip mereka pada profesional atau pihak ke-tiga. Namun, banyak juga yang mengurus arsipnya sendiri dan membiarkannya begitu saja karena tidak tahu cara mencegahnya.

kertas

Gambar oleh Nile dari Pixabay

Sebenarnya, menguningnya kertas adalah hal yang alami dan biasanya terjadi pada jenis kertas yang digunakan untuk mencetak buku. Meskipun begitu, bukan berarti kertas yang digunakan untuk arsip bisa terbebas dari masalah ini secara penuh. Sebab, jika tidak disimpan dengan cara yang benar, kertas arsip juga bisa menguning.

Berikut ini adalah beberapa cara mencegah kertas arsip menguning:

  • Jauhkan dari sinar matahari

Anda mungkin merasa tidak masalah menyimpan kertas di area yang terpapar sinar matahari karena sifat kertas yang kering. Namun, sebenarnya hal ini bisa menyebabkan kertas menjadi lebih cepat menguning karena ibaratnya, kertaas seperti sedang “dipanggang”. Hal ini lebih berisiko lagi ketika sinar matahari yang mengenai kertas melewati area cermin cembung terlebih dahulu. Sifatnya yang seperti lup dapat memfokuskan panas sinar matahari sehingga berpotensi menimbulkan nyala api.

  • Atur suhu dan kelembapan ruangan

Kertas juga dapat menguning akibat tumbuhnya jamur di permukaan kertas. Hal ini bisa terjadi saat kertas di simpan dalam ruangan dengan kelembapan tinggi. Untuk mencegahnya, atur kelembapan ruangan dalam kondisi normal. Tidak ada salahnya juga menggunakan penyerap kelembapan untuk menjaga agar ruangan tidak terlalu lembap.

  • Tempatkan di ruang tertutup

Penyebab utama kertas menguning karena adanya proses oksidasi dan proses ini bisa terjadi saat ada oksigen. Artinya, jika Anda menyimpan kertas arsip dalam ruang tertutup, seperti lemari arsip, maka kertas dapat terhindar dari proses oksidasi sehingga tidak akan menguning. Jangan lupa jaga juga kelembapan dari lemari arsip untuk mencegah munculnya jamur.

Semoga dengan menerapkan cara di atas, maka kertas arsip Anda akan aman dari riisiko menguning.

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,508FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles