30 C
Jakarta
Sunday, October 2, 2022
spot_img

Mobil Diesel Keluarkan Asap Putih & Hitam? Begini Cara Mencegahnya!

Saat dinyalakan, mobil diesel biasanya akan mengeluarkan asap yang bersih. Namun, apabila ada masalah, maka asap yang dikeluarkan akan berubah warna menjadi putih bahkan hitam. Penyebabnya sendiri biasanya karena bahan bakar yang terlalu sedikit dan ruang pembakaran yang kemasukan oli. Itulah sebabnya penting untuk rutin mengecek semua komponen mesin mobil diesel dan rajin melakukan penggantian oli diesel untuk menghindari ruang pembakaran kemasukan oli.

Atau, asap yang berubah warna tersebut juga bisa diatasi dengan menerapkan beberapa tips berikut:

  1. Lebih lama ketika memanaskan mobil

Melansir dari otomotif.okezone, mobil diesel biasanya tidak memiliki komponen busi karena itulah membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencapai suhu yang tepat untuk bisa dikendarai. Oleh sebab itu, pastikan memanaskan mobil diesel lebih lama dibanding mobil biasa, misalnya empat sampai lima menit. Dengan demikian, akan lebih mudah untuk dikendarai dan bisa mencegah kerusakan pada komponen mesinnya.

  1. Lakukan penggantian oli tepat waktu

Guna menghindari supaya oli tidak masuk ke ruang pembakaran yang menjadi salah satu penyebab keluarnya asap tidak normal dari mobil diesel, maka sebaiknya tepat waktulah dalam melakukan penggantian oli. Di mana, jika dalam kondisi normal, oli sebaiknya diganti setiap tiga bulan sekali atau jika jaraknya tempuh sudah mencapai 5.000 km. Namun, apabila mobil diesel jarang digunakan, ada baiknya penggantiannya dilakukan setiap enam bulan sekali.

  1. Water sedimenter wajib dipasang pada mobil

Pastikan untuk memasang komponen water sedimenter pada mobil diesel karena bermanfaat untuk mengidentifikasi kadar air yang terdapat di dalam ruang pembakaran mobil diesel. Apabila indikator komponen ini menyala, maka itu tandanya air yang ada di dalam ruang pembakaran sudah dalam batas maksimal dan harus segera dikeluarkan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

  1. Rutin ganti filter udara pada mobil

Sesuai namanya, filter udara pada mobil seringkali difungsikan untuk menyaring semua kotoran maupun debu yang masuk ke dalam mesin mobil maupun ruang pembakaran. Nah, lantaran fungsinya yang sangat penting ini, maka sebaiknya rutinlah mengganti filter udara pada mobil diesel, khususnya ketika sudah terlihat kotor, supaya kerjanya tetap maksimal dan dapat menyaring semua kotoran dengan baik.

Hmm, sangat mudah sekali kan mencegah keluarnya asap putih maupun hitam pada mobil diesel. Yuk, coba terapkan!

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,508FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles