32 C
Jakarta
Monday, November 28, 2022
spot_img

Menstruasi Lebih Lama, Kenapa Ya?

Durasi menstruasi antar wanita biasanya berbeda. Namun, normalnya, berlangsung selama 2–7 hari. Apabila lebih dari tujuh hari, maka dapat dikatakan sebagai menstruasi lama. Di mana, dalam dunia medis, kondisi ini disebut sebagai menoragia, pendarahan dalam jumlah banyak dengan waktu yang lebih panjang dari menstruasi normal. Kalau sudah begini, kamu tentu harus menstok lebih banyak pembalut Laurier yang dapat menyerap lebih cepat dan maksimal serta melindungi area kewanitaan dari bakteri.

kalender

Photo by form PxHere

Lantas, kenapa ya menstruasi bisa berlangsung lebih lama? Yuk, cari tahu alasannya di bawah ini, cekidot.

  1. Ketidakseimbangan hormon

Melansir dari Alodokter, menstruasi diatur oleh beberapa hormon seperti LH, FSH, progesteron, dan estrogen. Apabila keempat hormon ini tidak seimbang, maka lapisan pada rahim akan sangat menebal dan mengakibatkan darah menstruasi keluar perlahan karena itulah menstruasi berlangsung lebih lama. Selain hormon, tumor otak, gangguan tiroid, PCOS, dan gangguan fungsi insulin disinyalir juga menjadi penyebab menstruasi lebih lama. Biasanya, kondisi ini banyak dialami oleh remaja yang memasuki pubertas maupun wanita lansia yang mendekati menopause.

  1. Abnormal Uterine Bleeding (AUB)

Menstruasi lama juga bisa disebabkan karena AUB (Abnormal Uterine Bleeding). Di mana, terjadi perdarahan rahim yang tidak normal. Penderita yang mengalami kondisi ini biasanya merasakan menstruasinya berlangsung lebih dari tujuh hari dan darah yang keluar pun lebih banyak dari interval normal. Bahkan, saking banyaknya, penderitanya harus mengganti pembalut 1–2 jam sekali.

  1. Adenomiosis

Adenomiosis sendiri merupakan kondisi ketika jaringan yang melapisi dinding bagian dalam rahim (endometrium) tumbuh di dinding otot rahim. Akibatnya, rahim menjadi menebal dan menyebabkan perdarahan hebat. Umumnya, kondisi ini ditandai dengan beberapa gejala seperti nyeri panggul, kram perut ketika menstruasi, nyeri saat berhubungan seksual, dan perdarahan yang lebih lama.

  1. Polip rahim

Pertumbuhan polip pada rahim ternyata bisa menyebabkan menstruasi berlangsung lebih lama dan darah yang keluar juga lebih banyak, loh. Polip sendiri merupakan jaringan kecil (sifatnya jinak) yang muncul di bagian dinding rahim. Munculnya polip ini disebabkan karena terjadinya perubahan hormon pada tubuh.

Bukan hanya itu, menstruasi lama juga bisa diakibatkan oleh beberapa hal ini, di antaranya:

  • Kehamilan ektopik;
  • Kanker serviks;
  • Obesitas;
  • Hemofilia;
  • Efek samping obat-obatan.

Itu dia beberapa penyebab yang membuat menstruasi lebih lama. Apakah kamu pernah mengalaminya?

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,583FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles