28.9 C
Jakarta
Sunday, October 2, 2022
spot_img

Mengenal Serat dalam Makanan dan Manfaatnya

Agar tubuh selalu sehat, memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sangatlah penting. Baik dari makanan yang dikonsumsi maupun mengonsumsi suplemen nutrisi no 1 di dunia. Sebab, terkadang hanya mengandalkan terpenuhinya nutrisi dari makanan saja tidaklah cukup, sehingga dibutuhkan suplemen sebagai asupan nutrisi tersebut.

sayur

Image by congerdesign from Pixabay

Di antara sekian banyaknya nutrisi, salah satu yang dibutuhkan oleh tubuh adalah serat. Biasanya kebutuhan serat ini didapatkan dari sayur atau buah-buahan. Namun, apa sih sebenarnya serat dalam makanan? Dan apa sajakah fungsinya? Berikut ini pembahasannya!

Mengenal Apa Itu Serat dalam Makanan

Melansir dari situs alodokter, serat adalah jenis karbohidrat kompleks yang tidak dapat dipecah oleh tubuh untuk menjadi molekul gula. Serat ini tidak mampu diserap maupun dicerna oleh tubuh dan berfungsi sebagai pengikat air dalam tubuh.

Terdapat 2 jenis serat, yaitu:

  1. Serat larut air. Serat ini mampu larut atau bercampur dengan cairan yang dikonsumsi kemudian membentuk gel dalam saluran pencernaan.
  2. Serat tidak larut air. Serat ini tidak dapat larut maupun bercampur dengan cairan yang dikonsumsi dan berfungsi untuk menambah massa feses.

Manfaat Serat dalam Makanan untuk Kesehatan Tubuh

Kamu pasti sudah sering mendengar manfaat serat untuk melancarkan pencernaan. Memang hal tersebut tidaklah salah, tetapi manfaat serat sebenarnya lebih banyak dari sekadar melancarkan pencernaan saja. Berikut ini adalah beberapa manfaat serat bagi kesehatan tubuh:

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fungsi utamanya adalah untuk melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh, baik serat larut air maupun serat tidak larut. Hal ini akan mencegah kamu dari risiko sembelit atau BAB (buang air besar) tidak lancar. Dengan lancarnya pencernaan, kamu juga bisa terhindar dari masalah wasir yang sering kali terpicu akibat sembelit atau BAB keras.

  • Memaksimalkan penyerapan nutrisi

Serat dapat membantu tubuhmu menyerap nutrisi makanan secara maksimal, meskipun kandungan nutrisi pada makanan tersebut sedikit. Misalnya saja penyerapan kalsium dan nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuhmu.

  • Menjaga berat badan tubuh

Serat bisa memberikan efek mengenyangkan lebih lama sehingga akan membuatmu makan dalam porsi yang lebih sedikit. Sinyal kenyang yang diterima oleh otak akan menghilangkan keinginanmu untuk makan sehingga berat badan bisa lebih terjaga dan kamu bisa terhindar dari risiko obesitas.

  • Mencegah diabetes dan koleksterol tinggi

Serat dapat membantu mengikat LDL, yaitu kolesterol jahat, sehingga tubuh tidak menyerapnya dan kemudian dibuang melalui feses. Tidak hanya itu, serat larut air juga bisa menjaga kadar gula darah dengan memperlambat pengosongan lambung serta penyerapan gula dari makanan. Dengan begitu dapat mencegah kenaikan kadar gula dan sangat baik bagi penderita diabetes tipe 2.

Nah, sudah tahu kan pentingnya serat bagi tubuh? Jadi mulai sekarang, yuk, masukkan sayuran dan buah dalam menu sarapan sehat dan makanan keseharianmu. Semoga kamu sehat selalu, ya!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,508FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles