28.9 C
Jakarta
Sunday, October 2, 2022
spot_img

Masih Bingung Ikut Lelang Mobil? Begini Prosedur dan Tata Caranya!

Seperti yang kita tahu, saat ini sudah semakin banyak orang yang mengikuti kegiatan lelang mobil di Jakarta. Meskipun tren ini sudah semakin diminati, namun pada kenyataanya beberapa orang masih ragu untuk membeli mobil dari kegiatan lelang tersebut karena tidak mengetahui bagaimana prosedur lelang tersebut berjalan.

Bingung Ikut Lelang Mobil? Begini Prosedur dan Tata Caranya!

Padahal lelang mobil saat ini berjalan dengan prosedur yang sederhana. Bahkan beberapa balai lelang mobil sudah banyak yang mengadakan lelang mobil online sehingga proses bidding dapat dilakukan dengan lebih mudah. Nah, jika Anda tertarik untuk mengikuti lelang mobil namun masih bingung dengan tata cara atau prosedurnya, pada artikel berikut ini kami akan menyajikan penjelasannya untuk Anda. Silakan simak informasi kami berikut ini.

Prosedur Mengikuti Lelang Mobil

Saat Anda mengikuti kegiatan lelang mobil, secara garis besar balai lelang di Indonesia akan menggunakan prosedur sebagai berikut:

  1. Pemandu lelang atau juga dikenal dengan istilah afslager akan mengumumkan dan menjelaskan barang lelang pada peserta.
  2. Afslager kemudian akan menawarkan harga dasar lelang.
  3. Para peserta dapat mulai menawar (bidding) dengan harga di atas harga dasar lelang.
  4. Ketika lelang mobil berjalan, setiap peserta diizinkan atau diperbolehkan untuk menawar dengan angka yang setinggi-tingginya. Namun hal ini tidak bersifat wajib, jadi Anda bisa bebas menawarkan dengan nominal berapapun asal di atas harga dasar.
  5. Ketika terdapat penawaran harga paling tinggi dan tidak ada lagi peserta lain yang menawar di atas harga tersebut maka harga lelang akan ditetapkan. Selanjutnya pemenang lelang mobil akan diumumkan. Harga lelang sendiri berarti harga penawaran tertinggi yang diajukan oleh peserta lelang yang telah disahkan sebagai pemenang lelang oleh Pejabat Lelang.

Cara Mengikuti Lelang Mobil

Setiap balai lelang mobil tentu memiliki peraturan masing-masing terkait tata cara lelang yang mereka adakan. Meskipun begitu, secara garis besar tata cara mengikuti lelang mobil adalah sebagai berikut

1. Cek daftar unit mobil dan jadwal lelang

Pertama, Anda bisa mencari unit mobil lelang yang Anda inginkan terlebih dahulu. Umumnya balai lelang akan menampilkan daftar mobil yang akan tawarkan beserta tanggal pelaksanaan lelang melalui websitenya. Contohnya seperti balai lelang AUKSI yang rutin mengupdate Informasi Lelang Mobil berupa daftar mobil dan jadwal lelang setiap minggunya.

2. Registrasi

Setelah menentukan mobil yang akan ditawar, Anda bisa registrasi sebagai peserta. Di era digital seperti saat ini proses registrasi juga dapat dilakukan dengan mudah melalui website balai lelang. Anda cukup mengisi data-data yang dibutuhkan seperti nama, no handphone, password, dll.

3. Setorkan deposit yang sudah ditetapkan

Perlu diketahui untuk bisa mengikuti kegiatan lelang tersebut, balai lelang akan meminta Anda untuk menyetorkan deposit sebagai uang jaminan. Nantinya, jika ternyata Anda gagal memenangkan lelang maka deposit tersebut akan dikembalikan. Jadi, langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran deposit tersebut sesuai dengan tata cara yang telah ditetapkan oleh balai lelang.

4. Mendapatkan NIPL

Setelah seluruh persyaratan dilengkapi, pihak balai lelang akan mengirimkan email verifikasi serta NIPL (Nomor Induk Peserta Lelang). Nomor tersebut harus Anda simpan karena akan dipergunakan saat mengikuti kegiatan lelang.

5. Ikuti kegiatan open house

Balai lelang akan memberikan Anda kesempatan untuk bisa memeriksa kondisi fisik mobil secara langsung melalui acara open house. Anda dapat mengikuti acara tersebut agar bisa memahami kondisi mobil yang sebenarnya. Tahapan ini sangat penting untuk Anda diikuti, karena pada sistem lelang, mobil-mobil yang akan dilelang umumnya ditawarkan dengan kondisi apa adanya. Sehingga apabila Anda tidak melakukan pengecekan secara langsung bisa jadi akan luput dari detail-detail kerusakan atau kekurangan pada unit mobil yang dilelang tersebut.

Baik pada lelang mobil perusahaan atau pun lelang mobil bekas perorangan umumnya dilakukan dengan sistem penawaran yang sama. Mobil-mobil akan dilelang tanpa didahului proses perbaikan atau rekondisi terlebih dahulu.

6. Ikuti lelang sesuai jadwal yang sudah dipilih

Selanjutnya, Anda bisa mengikuti lelang sesuai dengan tanggal dan lokasi yang dipilih. Untuk melakukan penawaran, Anda akan menggunakan NIPL yang sudah diberikan oleh balai lelang.

7. Tunggu pengumuman pemenang

Jika Anda berhasil melakukan penawaran tertinggi di antara peserta yang lain, maka Anda bisa ditetapkan sebagai pemenang lelang. Maka langkah selanjutnya adalah menunggu konfirmasi dari pihak balai lelang.

8. Melunasi mobil lelang

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk melunasi mobil lelang tersebut dengan jangka waktu yang telah ditentukan. Jika pembayaran sudah dilunasi, maka Anda berhak untuk mengambil unit mobil tersebut beserta dokumen kelengkapannya.

Itu dia prosedur dan tata cara mengikuti lelang mobil. Jangan ragu untuk menghubungi pihak balai lelang apabila Anda memiliki pertanyaan-pertanyaan seputar kegiatan lelang yang mereka adakan. Semoga bermanfaat.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,508FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles