28.9 C
Jakarta
Sunday, October 2, 2022
spot_img

Malas Mencuci Mobil, Apa yang Akan Terjadi?

Sudah punya asuransi mobil bukan berarti kamu bisa ‘lepas tangan’ menjaga kendaraanmu. Sebab, produk pertanggungan tersebut hanya akan menanggung risiko-risiko di luar kendali kamu, seperti dicuri saat sedang diparkir, kecelakaan, dan lainnya. Sementara untuk kerusakan akibat malas mencuci mobil adalah risiko yang harus kamu tanggung sendiri. Memang apa aja, sih, yang bisa terjadi kalau jarang cuci mobil?kaca mobil bersih

Simak ulasannya dalam artikel berikut ini, ya!

  • Cat mobil rusak. Dampak pertama dan paling utama dari kebiasaan malas mencuci mobil adalah rusaknya cat mobil. Hal ini bisa terjadi lantaran kotoran dan debu yang menumpuk di atas bodi mobil akan menggerogoti lapisan cat terluar mobil kamu. Padahal, cat terluar mobil atau clear coat punya fungsi untuk melindungi mobil dari partikel kotoran, hujan asam, kotoran burung, getah pohon, dan lainnya.
  • Kamu mungkin berpikir kalau mobil kotor itu cuma akan membuat kendaraanmu tampak kurang menarik. Namun nyatanya, mobil yang kotor itu dapat membahayakan aktivitas berkendara kamu, lho. Contoh sederhananya ialah kaca depan atau kaca spoin yang kotor bisa mengganggu jarak pandang kamu dan meningkatkan potensi kecelakaan.
  • Timbul bau. Ketika kamu membawa mobil untuk dicuci, tentunya kendaraan itu bukan hanya akan dibersihkan bagian luarnya saja. Sebab, bagian kabin mobil juga akan dibersihkan oleh petugas. Tidak heran kalau kamu malas mencuci mobil, interior mobil kamu akan dipenuhi oleh debu, pasir, kotoran makanan, bulu hewan, dan lain sebagainya. Kotoran-kotoran ini nantinya akan menimbulkan bau tidak sedap dan mengurangi kualitas udara dalam kabin.
  • Turunkan harga mobil. Efek terakhir sekaligus jangka panjang dari kebiasaan jarang cuci mobil adalah menurunnya value atau nilai mobil kamu di mata calon konsumen. Ini bisa terjadi kalau bodi mobil kamu berkarat, punya cat yang menggelembung, atau sisa-sisa kotoran. Soalnya, kondisi mobil yang tidak kinclong pasti kurang menarik di mata calon konsumen. Alhasil, harga jualnya bisa lebih rendah daripada mobil yang bersih dan rajin dicuci.

Nah, itulah dia beberapa hal yang akan terjadi kalau kamu malas mencuci mobil. Apa kamu masih ingin membiasakan kebiasaan itu? Semoga tidak, ya!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,508FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles