32 C
Jakarta
Monday, November 28, 2022
spot_img

Kemensos Salurkan Bantuan Logistik untuk Korban Gempa Cianjur

Kementerian Sosial menyalurkan berbagai bantuan logistik berupa tenda, velbed, air bersih, hingga makanan siap saji bagi para korban gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Menteri Sosial Trima Rismaharini terjun langsung ke lokasi kejadian, dan menginstruksikan jajarannya untuk terlebih dahulu mendistribusikan tenda serta selimut kepada warga yang harus tidur di bagian luar gedung SDN 2 Sukamaju, Kampung Munjul, Desa Gasol, Kecamatan Cugenang, Cianjur.

Kemensos juga telah menyiapkan kebutuhan lainnya seperti alat kebersihan diri yang juga akan dipasok di lokasi tersebut.

“Yang kita antisipasi adalah adanya gempa susulan. Karena itu, kita siapkan sementara [tenda] untuk warga yang bangunannya roboh dan untuk keamanan warga, maka kita siapkan tempat untuk istirahat,” terang Risma dalam keterangan resminya.

Sementara itu, bantuan berupa makanan siap saji juga telah mulai disalurkan sejak pagi hari melalui dapur umum. Risma mengatakan pihaknya juga telah mengirimkan bantuan air bersih bagi para korban.

“Lagi perjalanan ke sini untuk bantuan toilet dan air bersih. Kita coba siapkan tangki air dan tandon untuk air,” tuturnya.

Sebelumnya, gempa berkekuatan magnitudo 5,6 mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) pukul 13.21 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa tersebut terjadi di koordinat 6,84 lintang selatan dan 107,05 bujur timur, sekitar 10 km barat daya dari Kabupaten Cianjur dengan kedalaman 10 km.

Hingga Senin (21/11/2022) pukul 21.00 WIB, pemerintah setempat telah melaporkan 162 korban tewas dan 326 korban luka-luka. Gempa berkekuatan magnitudo 5,6 itu juga telah menyebabkan kerusakan berat pada 2.345 unit rumah.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,583FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles