28.9 C
Jakarta
Sunday, October 2, 2022
spot_img

Kapan Rasa Cemas Harus Mulai Diwaspadai?

Siapa sih yang tidak pernah merasakan cemas? Semua orang pasti pernah mengalami hal ini. Apalagi ketika berada pada situasi tertentu yang cukup rawan, seperti ketika berada dalam bahaya, pergi sendiri di malam hari, ada keluarga yang sakit, dan sebagainya. Namun, pernahkah kamu berpikir apakah yang kamu alami adalah cemas biasa ataukah anxiety disorder? Dan apa itu anxiety disorder serta perbedaannya dengan cemas biasa? Berikut ini pembahasannya!

sakit kepala

Image by Gerd Altmann from Pixabay

Pengertian Anxiety Disorder

Anxiety disorder atau gangguan kecemasan adalah salah satu dari beberapa gangguan kejiwaan. Seseorang dengan kondisi ini akan mengalami rasa cemas yang berlebihan hingga mengganggu aktivitas keseharian. Pada kondisi cemas yang biasa atau normal, penyebab munculnya rasa cemas ini jelas, sehingga akan hilang dengan sendirinya setelah penyebabnya hilang.

Misalnya, kamu cemas karena ada keluarga yang sakit cukup parah. Maka ketika anggota keluarga tersebut sudah membaik, rasa cemas perlahan akan berangsur hilang. Namun pada penderita anxiety disorder, penyebabnya tidak jelas. Seperti pada kondisi di atas, dalam kondisi normal rasa cemas akan hilang setelah kondisi anggota keluarga yang sakit mulai membaik atau bahkan sembuh. Sementara jika yang kamu alami adalah anxiety disorder, maka rasa cemas akan tetap ada. Bahkan bisa jadi tetap atau semakin parah.

Gejala Anxiety Disorder

Lalu bagaimana membedakan keduanya? Apakah ada gejala khusus yang dialami oleh penderita anxiety disorder?

Sebenarnya seperti yang telah disebutkan, gejala pasti penderita masalah psikologis ini adalah tidak hilangnya rasa cemas meskipun penyebabnya sudah hilang. Namun, untuk kepastiannya apakah yang sedang kamu alami adalah anxiety disorder, kamu harus melakukan konsultasi pada dokter spesialis.

Namun, jika kamu merasa kondisi ini masih cukup terkontrol, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut untuk berusaha mengatasinya:

  • Cukupi waktu istirahat, karena kurangnya istirahat akan semakin memperparah kondisi psikologis seseorang.
  • Kelola stres dengan baik, bisa dengan melakukan berbagai aktivitas yang dapat membuatmu merasa tenang dan bahagia.
  • Curhat pada seseorang yang bisa dipercaya dan menenangkan, karena dengan menceritakan masalah yang membebani pikiranmu kamu akan merasa lebih lega.

Jika setelah melakukan semua hal di atas kamu masih juga merasa cemas berlebihan pada satu atau banyak hal, segera lakukan konsultasi pada dokter. Sebab, anxiety disorder yang tidak diatasi secara cepat dan tepat, bisa menyebabkan seseorang mengalami depresi yang lebih parah.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,508FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles