28.9 C
Jakarta
Sunday, October 2, 2022
spot_img

Indonesia OTW Punya Truk Sampah Listrik

Kendaraan listrik saat ini memang tengah menjadi hype. Tak hanya di indonesia saja, fenomena kendaraan listrik memang sedang mendunia. Bahkan, banyak negara luar yang sudah mulai menggunakan kendaraan listrik untuk menunjang aktivitas sehari-harinya dalam urusan transportasi.

Indonesia kini sedang memasuki masa transisi dari kendaraan konvensional menjadi kendaraan listrik. Di sebagian wilayah, khususnya ibukota, sudah banyak kendaraan listrik yang mulai digunakan, ada kendaraan pribadi ada juga kendaraan umum.

Bahkan saat ini, PT Mobil Anak Bangsa (MAB) menghadirkan truk sampah berbasis tenaga listrik. Truk sampah buatan anak negeri ini dirancang dengan menyesuaikan segala kebutuhan persampahan di Indonesia.

“Truk ini kami buat sudah disesuaikan dengan kebutuhan di kota-kota besar. Sebelumnya, sama-sama seperti yang kita ketahui bahwa truk sampah memiliki bobot yang besar, sehingga jauh lebih sulit bagi pengemudi mengamati sekitarnya. Sehingga, cukup banyak kejadian cedera yang disebabkan oleh mobil besar tersebut. Untuk itu, kami merancang truk sampah ini sedemikian rupa termasuk bentuknya yang jauh lebih aman,” ucap Direktur PT MAB, Kelik Irwanto, dalam acara talk show.

diselenggarakan di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, sejak dari tanggal 22 Juli sampai dengan 31 Juli mendatang.

Truk sampah listrik ini memiliki tampilan yang modern, sehingga tampak dari depan tidak seperti mobil pengangkut sampah. Truk ini memiliki pemadat sampah dengan kapasitas 10 M3 yang juga dioperasikan sepenuhnya menggunakan tenaga listrik dari baterai.

Truk sampah listrik ini juga memiliki panjang lebih dari 8 meter. Baterainya menggunakan LiFePo 605.58 V 519 Ah 315.85 KWh yang mampu menyuplai daya hingga jarak tempuh 300 km dalam sekali pengecasan.

Untuk performanya, dapat melaju hingga kecepatan 50 km/jam. Adapun tenaga yang dihasilkan 150 kw dengan torsi puncak 1194 Nm. Sebagai truk sampah, mobil listrik yang satu ini dapat menampung muatan hingga 7.500 kg.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,508FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles