30.7 C
Jakarta
Monday, November 28, 2022
spot_img

Emiten Hary Tanoe (BHIT) Incar Tambahan Cuan Rp4,2 Triliun dari IATA

Emiten milik Hary Tanoesoedibjo PT MNC Asia Holding Tbk. (BHIT) resmi memiliki 44,09 persen atau sebanyak 11.127.666.666 saham emiten batu bara PT MNC Energy Investments Tbk. (IATA) setelah periode penerbitan saham baru dengan hak memesan efek terlebih dahulu atau rights Issue IATA.

Aksi korporasi tersebut dilakukan untuk melunasi surat sanggup IATA yang diterbitkan kepada BHIT, dalam rangka pengambilalihan PT Bhakti Coal Resources (BCR), perusahaan induk dari delapan Izin Usaha Pertambangan (IUP) di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, yang sebelumnya dimiliki perseroan.

Setelah rights issue, kinerja IATA akan dikonsolidasikan ke dalam kinerja BHIT, sekaligus mengukuhkan pilar bisnis keempat dari MNC Group, yang meliputi media dan hiburan, jasa keuangan, perhotelan, dan energi.

“Ke depannya, MNC Group meyakini kontribusi IATA yang akan menjadi salah satu pendorong pendapatan, EBITDA, dan laba bersih Perseroan,” ungkap Hary Tanoesoedibjo, Executive Chairman MNC Group dalam keterangan pers, Jumat (18/11/2022).

IATA telah mengantongi cadangan batu bara sebanyak 332 juta MT. Adapun kegiatan pengeboran yang dilakukan IATA belum mencapai 20 persen dari 72.478 Ha keseluruhan area penambangan yang dimiliki. Seluas 59.035 Ha di antaranya masih dalam proses eksplorasi, sehingga IATA yakin cadangan terbukti akan terus meningkat, setidaknya mencapai 600 juta MT untuk semua IUP.

Menuju 2023, produksi batu bara IATA ditargetkan untuk menembus 10 juta MT dan akan terus meningkat seiring bertambahnya proven reserves hasil eksplorasi serta bertambahnya kontrak pembelian dengan para trader batu bara di masa depan.

“Hal tersebut tentunya akan membawa angin segar bagi performa bisnis Perseroan. Tahun depan, IATA diperkirakan dapat memberikan kontribusi pendapatan sebesar Rp 4,2 triliun atau mewakili 16,50 persen dari total pendapatan BHIT, menduduki posisi kedua setelah kontribusi bisnis media dan hiburan MNC Group,” imbuhnya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,583FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles