28.9 C
Jakarta
Sunday, October 2, 2022
spot_img

Cara Membersihkan dan Menyimpan Nebulizer di Rumah

Meningkatnya jumlah penyakit dan situasi cuaca yang tidak terduga membuat banyak orang semakin waspada terhaadap serangan berbagai penyakit. Misalnya saja dengan menyediakan alat-alat kesehatan seperti termometer dan yang saat ini cukup banyak yaitu, alat nebulizer.

Nebulizer

Photo by Sincerely Media on Unsplash

Untuk Anda yang belum mengetahuinya, nebulizer adalah alat kesehatan yang berfungsi untuk mengubah cairan menjadi partikel berukuran kecil, dan bisa dihirup masuk melalui hidung langsung ke paru-paru. Cairan yang diubah tentulah bukan cairan ssembarangan, melainkan obat khusus yang ditujukan untuk pasien dengan masalah sistem pernapasan, seperti bronkitis atau asma.

Penggunaan alat ini sendiri harus atas arahan dokter. Meskipun begitu, bukan berarti tidak bisa dilakukan sendiri di rumah. Sebab, asalkan Anda sudah mengetahui caranya dan mengikuti arahan dokter yang menangani penyakit Anda, maka alat ini aman digunakan. Namun, jangan lupa untuk membersihkan alat ini dengan cara yang tepat setelah digunakan.

Berdasarkan situs webmd, berikut ini dalah cara menjaga kebersihan alat ini:

  • Bersihkan cup nebulizer dengan menggunakan air hangat setiap kali setelah digunakan
  • Setiap hari pada sore atau malam hari, bersihkan kembali cup dan mask dengan menggunakan air hangat dan sabun. Kemudian biarkan mengering. Pastikan tidak ada sisa sisa sabun yang menempel dengan membilasnya benar-benar hingga bersih.
  • Setiap hari ketiga, disinfeksi keduanya dengan larutan cuka atau larutan disinfektan. Cara membuat larutan cukanya yaitu dengan mencampurkan 1 cangkir kecil cuka putih dengan 1 gelas air bersih. Rendam komponen tersebut dan kemudian bilas hingga benar-benar bersih dan biarkan mengering.

Masih dari sumber yang sama, berikut ini adalah cara penyimpanannya:

  • Tutup kompresor dengan lap kering yang bersih saat tidak digunakan
  • Pastikan seluruh komponen pendukung alat ini kering sebelum menyimpannya pada wadah tertutup
  • Hindari meletakkan kompresor langsung di atas lantai
  • Beberapa obat cairan nebulizer perlu disimpan dalam kulkas. Pastikan memerhatikan petunjuk penyimpanan obat dalam label kemasan.
  • Pastikan menyimpan seluruh komponen alat ini dalam tempat yang kering, tidak terkena matahari, dan juga bersih.

Jangan lupa, pastikan juga tangan Anda dalam kondisi bersih sebelum menggunakan alat ini. Semoga informasi di atas dapat bermanfaaat untuk Anda.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,508FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles