32 C
Jakarta
Monday, November 28, 2022
spot_img

Boleh Atau Tidak Konsumsi Madu Setiap Hari?

Madu terkenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan banyak yang kemudian mengganti konsumsi gulanya sebagai campuran minuman dengan madu karena merasa lebih sehat. Misalnya saat membuat the maupun minuman lainnya.

madu

Image by PollyDot from Pixabay

Namun, apakah itu artinya madu boleh dikonsumsi setiap hari? Yuk, langsung saja kita bahas dalam artikel ini!

Manfaat Madu Bagi Kesehatan

Madu mengandung berbagai nutrisi penting untuk tubuh seperti Vitamin B kompleks, Vitamin C, dan berbagai senyawa aktif sehingga baik untuk kesehatan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa manfaat dari madu:

  1. Meningkatkan imun

Madu mengandung senyawa fitonutrien yang dapat memperkuat sel imun dalam tubuh. Selain itu, madu juga bersifat antibakteri serta antijamur serta dapat membantu meredakan peradangan. Senyawa tersebut beserta kandungan vitamin lainnya juga berperan sebagai antioksidan untuk menangkan radikal bebas dalam tubuh sehingga dapat mencegah terjadinya kerusakan sel.

  1. Meredakan batuk

Meskipun madu memiliki rasa manis dan tekstur pekat, tetapi madu dapat membantu meredakan batuk dengan memicu produksi air liur untuk menjaga kelembapan tenggorokan. Selain itu, manfaatnya yang dapat meredakan peradangan juga membantu proses penyembuhan batuk.

  1. Membantu penyembuhan luka

Madu dapat membantu menghilangkan jaringan mati dan membunuh bakteri pada luka. Selain itu, juga dapat merangsang pertumbuhan jaringan kulit yang baru untuk menutup luka. Caranya yaitu dengan mengoleskan madu pada luka secukupnya. Namun yang perlu kamu ingat, hanya madu yang telah steril saja yang bisa digunakan, karena jika tidak justru berpotensi memicu terjadinya infeksi pada luka.

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Madu bisa bermanfaat untuk membantu menyehatkan pencernaan karena merupakan prebiotik yang mampu mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus.

Efek Mengonsumsi Madu Setiap Hari

Dengan semua manfaat di atas, selain dari manfaatnya untuk menyembuhkan luka, apa itu artinya madu boleh dikonsumsi setiap hari?

Ternyata, meskipun memiliki manfaat segudang tetapi konsumsi madu tetap harus dibatasi. Melansir dari situs klikdokter.com, berdasarkan USDA (United States Department of Agriculture) dalam 1 sendok makan madu mengandung 64 kalori dan 17 gram gula. Sementara batasan konsumsi gula harian adalah di bawah 100 kalori untuk pria dan 150 kalori untuk wanita.

Dengan cukup tingginya kandungan gula pada madu, maka kamu harus mengatur dengan membatasi konsumsi makanan atau minuman manis lain dalam keseharian agar tidak kelebihan gula. Sebab, meskipun madu termasuk sumber makanan alami, tetapi tetap mengandung gula buatan bahkan meskipun madu tidak ditambahkan pemanis lainnya.

Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa madu yang dikonsumsi adalah madu murni tanpa tambahan bahan apa pun. Mengenai waktu yang terbaik dalam mengonsumsi madu yaitu pada pagi hari sebelum sarapan. Kamu bisa mencampurkannya pada minuman atau mengonsumsinya secara langsung. Hal lain yang tidak kalah penting yaitu, jangan pernah memberikan madu pada anak usia di bawah 1 tahun karena justru dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Nah, sudah jelas kan aturan mengenai konsumsi madu setiap hari? Jadi, kamu boleh mengonsumsinya tetapi tidak lebih dari 1 sendok makan per hari dan batasi konsumsi makanan atau minuman manis lainnya. Semoga kamu selalu sehat ya dengan mengonsumsi madu setiap hari!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,583FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles