30.7 C
Jakarta
Monday, November 28, 2022
spot_img

Alergi Gigitan Nyamuk, Harus Bagaimana?

Sama dengan alergi pada hal lain, alergi gigitan nyamuk juga membuat penderitanya mengalami berbagai gejala ketika digigit oleh hewan kecil ini. Dari mulai bento, bengkak, mual, bahkan bisa sampai demam dan gejala lain yang cukup parah. Itulah sebabnya, banyak orang yang sudah mengetahui dirinya memiliki alergi gigitan nyamuk akan memanfaatkan jasa pembasmi nyamuk untuk membersihkan area tepat tinggalnya dari hewan ini.

Melansir dari situs klikdokter, alergi gigitan nyamuk ini dikenal juga dengan sebutan sindrom skeeter. Penyebabnya adalah karena pada saat nyamuk menggigit dan menyedot darah, nyamuk akan melepaskan protein untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah. Tujuannya agar nyamuk dapat menghisap darah dengan lancar. Protein yang dilepaskan inilah yang menjadi alergen bagi para penderita alergi gigitan nyamuk.

Sayangnya, nyamuk adalah hewan yang umum ditemui di mana saja. Lalu bagaimana ya jika Anda digigit nyamuk dan menimbulkan reaksi alergi saat sedang berada di luar rumah? Berikut ini adalah beberapa cara mengatasinya:

Setelah digigit oleh nyamuk, Anda pasti merasakan gatal pada area kulit. Hindari menggaruknya karena justru akan menimbulkan luka pada kulit. Sebaiknya, usap lembut area yang gatal tersebut.

  • Gunakan salep pereda gatal

Untuk membantu mengatasi rasa gatal, Anda bisa gunakan obat salep atau gel pereda gatal yang dijual bebas di pasaran. Namun pastikan obat yang Anda pilih aman dan berkualitas ya, jangan sampai malah jadi merusak kesehatan kulit Anda.

  • Mencuci kulit yang digigit nyamuk

Jika memungkinkan, segera mandi setelah digigit nyamuk. Namun jika tidak memungkinkan, Anda bisa mencuci bersih area kulit yang digigit tersebut dengan air dan sbun.

Selain mengetahui cara mengatasinya, Anda juga sebaiknya tahu cara mencegahnya munculnya alergi ini, yaitu dengan sebisa mungkin menghindari gigitan nyamuk dengan cara:

Rumah yang bersih tidak hanya bisa membuat Anda merasa nyaman saja, tetapi juga sangat berkaitan dengan kesehatan. Salah satunya dapat mencegah rumah Anda menjadi sarang berkumpulnya berbagai serangga, termasuk nyamuk.

  • Menggunakan lotion anti nyamuk

Saat Anda ke luar rumah akan sulit untuk menghindari nyamuk, terutama jika datang ke area di mana banyak tanaman atau tempat dengan penerangan yang kurang. Untuk mencegah gigitan nyamuk, Anda bisa menggunakan lotion anti nyamuk.

Jika memungkinkan, Anda bisa memasang kelambu di sekitar tempat tidur untuk menghindari gigitan nyamuk. Namun jangan lupa, sebelum menutup kelambu pastikan tidak ada nyamuk di dalamnya. Jika tidak, nyamuk tersebut akan ikut terjebak di dalam bersama Anda.

Jika reaksi alergi yang Anda rasakan akibat gigitan nyamuk ini cukup parah, jangan lupa untuk konsultasikan pada dokter. Sebab masalah ini tidak boleh dianggap sepele. Semoga bermanfaat!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,583FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles